Laporan Praktikum Biologi ” Mikroskop “

Gambar

Laporan Praktikum I

Mikroskop

  • Pembahasan

                Mikroskop adalah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil bila dilihat dengan kasat mata. Mikroskop ditemukan oleh Antonie Van Leeuwenhock pada tahun 1675 dengan sifat bayangan yang dihasilkan maya, terbalik dan diperbesar. Ada dua jenis mikroskop yang dibedakan berdasarkan sumber radiasi (penyinaran ) yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Berdasarkan hasil gambar, mikroskop cahaya di bagi menjadi dua yaitu mikroskop majemuk (compound microscope ) yang menghasilkan gambar dua dimensi dan mikroskop stereo (dissecting microscope ). Begitupun mikroskop elektron , mikroskop elektron transmisi untuk hasil gambar dua dimensi dan mikroskop elektron payaran untuk hasil tiga dimensi.

                Praktikum kali ini bertujuan agar praktikan mempelajari tipe – tipe mikroskop dan tahu cara penggunaannya. Dalam praktikum kali ini , praktikan menggunakan mikroskop majemuk untuk mengamati penggaris pada perbesaran 4 x 10  , melihat huruf P dengan letak yang ditentukan yaitu center, left , right , top dan bottom , dan mengamati bulir kentang sampai perbesaran 40 x 10 dengan menggunakan air maupun dengan menggunakan yodium. Praktikan juga menggunakan mikroskop stereo untuk mengamati semut. Sifat bayangan yang di hasilkan mikroskop majemuk yaitu maya, terbalik dan diperbesar dibuktikan dari hasil pengamatan yang terlihat misalkan huruf p yang diamati terlihat seperti huruf d dan diperbesar. Sedangkan pada saat pengamatan semut dengan menggunakan mikroskop stereo bayangan yang dihasilkan bersifat nyata, tegak dan diperbesar.

  • Simpulan

Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil bila dilihat dengan kasat mata. Sifat bayangan yang dihasilkan mikroskop adalah maya, terbalik dan diperbesar. Tipe mikroskop berdasarkan sumber radiasi ada dua yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Setelah melakukan praktikum, praktikan jadi mengetahui tipe – tipe mikroskop dan cara menggunakannya dengan benar

  • Jawaban Pertanyaan

 

1. Lensa objektif berfungsi untuk pembentukan bayangan pertama serta kemampuan untuk memperbesar bayangan pada objek yang diamati. Kondensor berfungsi sebagai pendukung terciptanya pencahayaan pada objek yang akan dilihat serta berperan untuk menerangi objek dan lensa mikroskop

2. Sifat bayangan mikroskop majemuk terbalik ,maya  dan diperbesar

Sifat bayangan mikroskop stereo tegak ,nyata dan diperbesar

3.Meja preparat harus diletakkan pada posisi horizontal untuk mencegah agar preparat maupun objek yang diamati dan tidak jatuh / tumpah (jika cair saat pengamatan dan untuk memfokuskan pencahayaan pada saat pengamatan.

 

 

               

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s